Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi antar manusia. Dengan memiliki kemampuan bahasa yang baik, komunikasi akan berjalan dengan lancar, dan proses interaksi akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Untuk memudahkan komunikasi, maka kita perlu menguasai bahasa asing minimal satu bahasa asing. Belajar bahasa asing akan memberikan banyak manfaat untuk diri kamu loh. Selain untuk mempermudah komunikasi dengan orang-orang di belahan dunia yang lain, bahasa asing juga akan membantumu untuk dapat mengerti isu-isu global yang sedang terjadi. Tidak hanya itu, dengan mempelajari bahasa asing akan memberikan nilai tambah dalam bidang karir maupun pendidikan. 

Kamu juga akan lebih mudah memahami budaya negara lain jika kamu menguasai bahasa asing dari negara tersebut. Bahkan jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, konon katanya kamu akan ikut menguasai dunia juga loh! Ternyata begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mempelajari bahasa asing ya. Memang dalam penerapannya, belajar bahasa asing dari awal bukanlah persoalan yang mudah. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena selagi ada kemauan dan komitmen maka kamu akan mudah mempelajari bahasa asing. Kamu bisa menyimak tips belajar bahasa asing berikut:

1. Komitmen dan Konsistensi

Tips belajar bahasa asing yang paling utama dan paling penting adalah dengan menanamkan komitmen dalam diri. Komitmen sangat diperlukan dalam hal apapun, termasuk dalam proses belajar. Mulai buat dirimu sendiri yakin bahwa kamu akan mempelajari bahasa asing sampai level tertentu atau sampai kamu mahir berbicara dengan bahasa asing tersebut. Intinya kamu perlu menuliskan atau membuat sebuah goals yang akan kamu capai kedepannya. Dengan memiliki tujuan yang jelas, maka kamu akan menghasilkan output yang sesuai dan menjadi indikator apakah kamu telah berhasil atau tidak dalam proses belajar. Itulah mengapa men-setting goals dalam sesuatu itu sangatlah penting.

Selain komitmen, kamu juga memerlukan konsistensi. Akan menjadi percuma jika kamu belajar tanpa konsistensi. Karena memang pada dasarnya mempelajari bahasa asing bukanlah perkara yang mudah. Jika kamu tidak konsisten, akan sangat sulit sekali bagi kamu untuk mencapai tujuan yang sudah kamu terapkan di awal. Mungkin nantinya, kamu akan mengalami kebosanan dalam belajar. Apabila kamu tidak memiliki komitmen dan konsistensi, maka kamu akan cepat merasa jenuh dan berujung untuk menyerah. Itu mengapa memiliki komitmen dan konsistensi sangat diperlukan.

2. Banyak Mendengar, Mencatat, Lalu Pelajari

Hal penting selanjutnya yang perlu kamu ketahui dalam mempelajari bahasa asing adalah dengan banyak mendengar, mencatat, lalu mempelajari. Dengan banyak mendengar, kamu akan mudah menangkap berbagai kosakata atau bahkan frasa baru yang sebelumnya tidak kamu tahu.Cara ini dianggap menjadi salah satu teknik paling mendasar dalam mempelajari sebuah bahasa. Kamu bisa banyak mendengar melalui musik, radio, podcast, televisi, YouTube, atau bahkan media yang lain.

Kamu perlu memastikan bahwa kamu tidak menggunakan subtitle atau terjemahan dalam proses ini. Biasakan untuk selalu mendengar dahulu apa yang mereka ucapkan, lalu tulis dalam sebuah catatan atau ingat-ingat apa yang mereka katakan. Setelah itu kamu dapat menebak makna dari apa yang mereka katakan. Dengan cara seperti ini, belajar bahasa asing akan terasa lebih mudah dan kamu akan lebih cepat memahami.

3. Pahami Bukan Sekedar Menghafal

Setelah kamu memahami tiap kosakata dengan tepat, selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memahaminya satu persatu. Jangan hanya sekadar menghafal arti dari tiap kosakata. Pahami satu persatu arti dan maksud dari kosakata tersebut. Mungkin akan menjadi sedikit rumit dan susah, namun jika kamu telah benar-benar mengerti maksud dari tiap kosakata tersebut, maka sudah dipastikan bahwa kamu akan lebih mahir dan bahkan kamu akan bisa membuat sebuah kalimat dari kosakata tersebut.

Memang akan sedikit susah untuk mengingat-ingat kosakata yang sudah anda pelajari sebelumnya. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan metode mnemonik dalam mempelajari sebuah kosakata baru. Mnemonik merupakan sebuah kemampuan otak untuk dapat menghubungkan kata-kata, ide, dan sebuah khayalan. Teknik yang dapat kamu lakukan adalah:

  • Siapkan sebuah kata kunci atau kosakata yang ingin kamu pahami
  • Hubungkan kata-kata tersebut dengan sesuatu yang berkaitan
  • Visualisasikan kata-kata tersebut dalam ingatan
  • Ucapkan atau katakan kosakata tersebut dalam ingatan secara berulang-ulang. 

4. Aktif Berlatih dan Jangan Takut Salah

Apabila kamu telah memahami beberapa kosakata baru, maka kamu sudah bisa membuat sebuah kalimat dengan kosakata tersebut. Jika kamu sudah bisa membuat sebuah kalimat, maka dipastikan bahwa kamu akan mudah untuk mengucapkan sebuah frasa atau kalimat yang terkait. Selalu aktif untuk melatih conversation atau kemampuan percakapan bahasa asing yang kamu pelajari. Jangan pernah takut untuk mencoba dan berlatih terus-menerus. Coba mulai melakukan percakapan dengan orang asing atau native speaker agar kamu mengetahui bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan baik dan sesuai. Kamu juga bisa mengevaluasi apa yang salah dari susunan kata atau pronounciation yang kamu ucapkan. Ini akan membuat kamu lebih mudah dalam belajar bahasa asing melalui pengucapan.

5. Jaga Kualitas Belajar

Tips belajar bahasa asing yang terakhir, adalah menjaga kualitas belajar. Mempelajari bahasa asing tidaklah mudah, maka kamu harus menjaga kualitas belajar agar kamu tidak mudah lupa dengan materi yang sudah kamu pelajari. Pastikan juga kamu memiliki jadwal rutin belajar bahasa asing agar kegiatan belajar kamu lebih efektif dan kamu tetap konsisten untuk terus belajar sampai menjadi mahir. Belajarlah dengan fokus dan intensif sampai kamu telah mampu mencapai semua goals yang sudah kamu rencanakan.