Program Studi PPKn

Pendaftaran Mahasiswa Baru 2022/2023 telah dibuka!

Saatnya mewujudkan impian bersama UCY

Program Studi PPKn

1. Deskripsi Singkat Program Studi PPKn

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta adalah prodi keguruan yang berupaya untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi utama menjadi pendidik profesional yang kompetitif dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang mampu berperan dalam masyarakat lokal, nasional dan global, yang berlandaskan pada IPTEK dan IMTAQ kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa sesuai Pancasila dan UUD 1945, serta memiliki dedikasi tinggi terhadap integritas kebangsaan melalui penegakan nilai-nilai karakter meliputi: religius, jujur. toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab.
1. Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta didirikan berdasarkan Sk No: 0361/O/1986 Tanggal 14 Mei 1986, dengan SK Ijin Operasional No: 11742/D/T/K-V/2012 Tanggal 1 Mei 2012.
2. Terakreditasi B, berdasarkan SK No: 0943/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 Tanggal 17 Juni 2016, masa berlaku mulai Tanggal 17 Juni 2016 s.d. 17 Juni 2021.
3. Terakreditasi B, berdasarkan BAN-PT No. 8881/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2021, Tanggal 22 Juni 2021, masa berlaku mulai Tanggal 18 Juni 2021 s.d. 18 Juni 2026.

2. Visi Program Studi PPKn:

Menjadi Program Studi yang terkemuka dalam membentuk tenaga kependidikan bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), yang professional, berakhlak mulia, berjiwa kebangsaan, yang berlandaskan Pancasila dan Islam.

3. Misi Program Studi PPKn:  

  1. Berperan aktif dalam proses pengembangan dan peningkatan kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui upaya internalisasi dan integrasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat;
  2. Mencetak tenaga kependidikan yang mulia, cakap, percaya diri serta tangguh dan mampu menerapkan Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam dalam mengajar dan pengembangan di masyarakat pada umumnya dan di dunia kerja pada khususnya;
  3. Aktif berperan serta dalam proses pembangunan pada umumnya dan lebih khusus lagi pada pengembangan pendidikan yang lebih mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Membangun integritas dan reputasi Prodi PPKn FKIP UCY sehingga menjadi pilihan utama mahasiswa dalam menuntut ilmu.

4. Tujuan Program Studi PPKn:

  • Mengembangkan kajian pendidikan kewarganegaraan dibidang keilmuan dan/ atau praktik professional berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan filosofi berbangsa dan bernegara;
  • Memecahkan permasalahan kajian pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan melalui hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian untuk kepentingan akademik dan/ atau profesi pendidikan kewarganegaraan baik secara interdisipliner maupun multidisipliner;
  • Mengelola penelitian dan pengembangan kajian pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, sehingga mendapat pengakuan baik di tingkat regional maupun nasional; dan
  • Menjalin kolegialitas dan kerjasama dalam jejaring pengembangan kajian pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan baik di level Pendidikan menengah maupun perguruan inggi.

5. Sasaran Program Studi PPKn

Sasaran program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta adalah sekolah menengah baik negeri maupun swasta dan Pendidikan menyetaraan atau kejar paket.

Kuesioner Pemahaman Visi dan Misi Program Studi PPKn: Klik di sini

Akreditasi Program Studi PPKn

Akreditasi merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan. Terakreditasi B, berdasarkan BAN-PT No. 8881/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2021, Tanggal 22 Juni 2021, masa berlaku mulai Tanggal 18 Juni 2021 s.d. 18 Juni 2026.

SK AKREDITASI TERBARU PRODI PPKn: Download

Kegiatan Mahasiswa Prodi PPKn

Kegiatan Akademik dan Non Akademik:

Kurikulum 2016

Matrik Kuliah Per-Semester: Download

Kurikulum 2020

SK Dekan: Download
Struktur Kurikulum: Download
Sebaran Mata Kuliah: Download
Matrik Kuliah Per-Semester: Download
Mata Kuliah & Prasyarat: Download

 

Kompetensi Program Studi

Kompetensi Deskripsi
Akademisi (Calon Pendidik/ Guru PPKn)
Kompetensi Utama yaitu kemampuan untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi, dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran PPKn di jenjang SMP/ sederajat dan SMA/ sederajat. Kemampuan menguasai logika, kemampuan sebagai fasilitator, motivator, mediator, dan inspirator secara sistematik dan efektif. Kemampuan berfikir analitis dan sintesis dengan memperhitungkan dampak, kemampuan mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama.
Kopetensi Pendukung yaitu kemampuan penguasaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, kemampuan melakukan internalisasi nilai-nilai Islam dalam penyusunan kebijakan, kemampuan public speaking, kemampuan menerapkan TI (Teknologi dan Informasi) serta kemampuan memahami dan merespon aspirasi stakeholder untuk pengembangan pengetahuan.
Birokrasi Kompetensi Utama yaitu kemampuan untuk menulis masalah-masalah yang terkait substansi dan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), kurikulum PPKn pendidikan dasar, menengah dan tinggi termasuk masalah-masalah hukum dan politik yang terkait dengan kewarganegaraan. Kemampuan untuk menguasai logika, membuat dokumen, menganalisis dan mengambil keputusan serta kemampuan mengembangkan IPTEK dalam menjalankan tata kelola dan tugas birokrasi.
Kompetensi Pendukung yaitu kemampuan penguasaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, melakukan inovasi dalam pengembangan dokumen sesuai bidang ilmunya, kemampuan dalam human relation dan public speaking, kemampuan berorganisasi dan manajemen konflik serta kemampuan memahami dan merespon aspirasi masyarakat untuk menyusun kebijakan.
Praktisi Kompetensi Utama yaitu kemampuan menguasai logika; kemampuan berfikir analitis dan sintesis dengan memperhitungkan dampak; kemampuan menerapkan bidang ilmu dan teknologinya dalam penyelesaian masalah; kemampuan membuat dokumen kerja; kemampuan menemukan solusi dalam penyelesaian masalah; kemampuan menentukan strategi dalam penyelesaian masalah; kemampuan bernegoisasi dan berkomunikasi secara efektif, serta kemampuan melakukan inovasi dan pengembangan metode problem solving serta kemampuan memahami dan merespon kebutuhan dan kepentingan para pihak dalam penyelesaian permasalahan. Secara umum kompetensinya adalah menjadi pendidik profesional yang kompetitif dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang mampu berperan serta dalam masyarakat lokal, nasional dan global berlandaskan pada IPTEK dan IMTAQ kepada Allah SWT sesuai Pancasila dan UUD 1945. Memiliki dedikasi tinggi terhadap integritas kebangsaan melalui penegakan nilai-nilai karakter meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Kompetensi Pendukung yaitu mampu menjadi pribadi yang berjiwa Kewirausahaan Kewarganegaraan (Civic Entrepreneurship) yang mencakup kompetensi dalam melakukan survei politik, advokasi hukum, kebijakan publik, literasi ICT, Civic Community Development (NGO and INGO), bela negara, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

Dosen Tetap Prodi PPKn:

  1. Paiman
  2. Joko Wahono
  3. Paryanto
  4. Intan Kusumawati
  5. Ahmad Nasir Ari Bowo
  6. Heri Kurnia

Aplikasi Penunjnag Perkuliahan:

Siakad:
Elearning:
Ujian OL:

Mari bergabung bersama kami, di Program Studi PPKn FKIP UCY

 

0822226383122

(0274) 372274

info@ucy.ac.id

pmb@ucy.ac.id

Jl. Perintis Kemerdekaan, Gambiran, Pandeyan Kec. Umbulharjo, Yogyakarta - 55161

SEPUTAR UCY

IKUTI KAMI

© 2021 Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. All Right Reserved. Develop by Sosiakita