Jurusan business management merupakan jurusan dimana kalian akan dipersiapkan untuk mengelola jalanya sebuah bisnis. Baik bisnis yang baru dirintis atau bisnis yang sudah berjalan pada bisnis pada perusahaan besar maupun bisnis skala kecil. Jurusan business management atau manajemen bisnis adalah salah satu jurusan yang banyak digemari oleh calon mahasiswa saat ini.

Apabila kalian berkeinginan untuk merintis sebuah bisnis atau yang sudah menjalankan bisnis, maka masuk di jurusan ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Sebab di jurusan business management ini kalian akan diajarkan tentang ilmu kewirausahaan dan bisnis.Tidak hanya dari diajarkan teori saja, di jurusan ini akan kalian akan diajarkan untuk menganalisis suatu permasalahan bisnis yang ada. Selain itu kalian juga diajak untuk praktik di bidang produksi, manajemen proyek, dan manajemen mutu. Pada jurusan ini, kemampuan komunikasi mu juga akan di upgrade.

Banyak orang tua yang menginginkan anaknya masuk di jurusan ini ketika kuliah. Alasannya karena prospek kerja jurusan business management terbilang cukup luas dibandingkan dengan jurusan lainnya yang lebih spesifik mempelajari suatu bidang akademis. Lalu apa sajakah prospek pekerjaan jurusan business management? Agar kamu lebih paham, yuk simak penjelasan tentang beberapa prospek jurusan business management berikut.

1. Konsultan Bisnis

Prospek kerja jurusan business management yang pertama adalah konsultan bisnis. Seorang konsultan bisnis diperlukan berbagai perusahaan untuk menyediakan konsultasi agar perusahaan semakin berkembang dan lebih efisien. Saran yang diberikan oleh seorang konsultan bisnis sangat berguna bagi kemajuan perusahaan. Seorang konsultan bisnis memiliki tugas untuk menganalisis masalah dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Ia juga memiliki tugas untuk meningkatkan kinerja bisnis dan membuat perencanaan bisnis agar dapat mencapai target yang diinginkan. Jika melihat dari tugasnya tak heran jika seorang konsultan bisnis bisa menerima gaji yang sangat besar bahkan bisa mencapai angka puluhan juta rupiah.

2. Dosen

Jika kalian ingin bekerja di bidang akademis, tentu bisa melamar pekerjaan sebagai dosen yang mengajar ilmu manajemen. Tetapi ada persyaratan untuk kalian yang akan melamar sebagai dosen. Syarat tersebut adalah harus memiliki ijazah pendidikan minimal S2. jadi kalian harus mengambil gelar pascasarjana dulu sebelum melamar menjadi dosen.

3. Entrepreneur

Selain menjadi konsultan bisnis dan dosen, lulusan business management juga bisa menjadi entrepreneur. Menjadi entrepreneur atau pengusaha membutuhkan insting dan kemampuan mengelola usahanya dengan baik. Tidak hanya itu, seorang entrepreneur tentu harus memiliki bekal tentang ilmu manajemen bisnis, marketing dan hal-hal lainnya. Semua ilmu tersebut diajarkan di jurusan business management. Jadi untuk kalian yang ingin menjadi seorang entrepreneur, berkuliah dengan jurusan business management merupakan pilihan yang tepat.

4. Project Manager

Prospek kerja jurusan management business salah satunya adalah project manager. Project manager dibutuhkan di berbagai bidang usaha agar proyek yang dikerjakan berjalan dengan baik, tepat waktu, dan mencapai target proyek yang diinginkan. Seorang project manager memiliki tanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian proyek.

5. Risk Manager

Risk manager merupakan salah satu prospek kerja jurusan business management yang menjanjikan. Risk manager dibutuhkan perusahaan untuk menghindari risiko-risiko yang merugikan bagi perusahaan. Resiko tersebut seperti resiko ketidakpastian keuangan, keselamatan, keamanan, dan sebagainya. Risk manager memiliki tanggung jawab untuk mengidentifikasi penyebab kerugian, melakukan tindakan untuk mengurangi faktor risiko, serta menyusun rencana untuk meminimalkan biaya dan kerusakan apabila terjadi kerugian.