Masuk Kuliah merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu bagi para calon mahasiswa baru. Bertemu teman-teman baru, pengalaman baru, beradaptasi lingkungan baru. Pasti menjadi hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan.

Kehidupan perkuliahan berbeda dengan masa sekolah sewaktu SMA. Walau tugas utamanya sama yaitu untuk belajar. Tetapi tidak hanya fokus pada akademik saja, banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjalin banyak relasi dan menambah pengalaman untuk para mahasiswa. Contohnya seperti mengikuti berbagai komunitas atau organisasi yang ada di dalam atau luar kampus. Selain itu juga akan ada kegiatan yang biasanya diwajibkan untuk para mahasiswa demi menempuh semester tertentu. Seperti magang, penelitian, pengabdian dan kuliah kerja nyata (KKN).

Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa, pastinya banyak juga perlengkapan yang dibutuhkan. Maka mahasiswa juga wajib tahu perlengkapan apa saja yang wajib dimiliki untuk memudahkan kegiatan tersebut. Lalu perlengkapan apa saja yang wajib dimiliki oleh para mahasiswa? Yuk simak perlengkapan wajib mahasiswa berikut ini.

1. Laptop

Salah satu perlengkapan wajib mahasiswa adalah laptop. Perangkat elektronik tersebut harus ada dalam daftar barang yang harus dimiliki para mahasiswa. Banyak tugas kuliah yang diberikan oleh dosen dan dikerjakan di laptop. Laptop juga dibutuhkan untuk kegiatan presentasi dan belajar e-book yang biasanya direkomendasikan oleh dosen. Ketika kalian membawa laptop jangan lupa membawa chargernya juga agar tetap bisa menggunakan laptop saat baterainya sudah habis. Tetapi untuk kalian yang tidak memiliki laptop, kalian bisa meminjam ke teman atau menggunakan komputer perpustakaan kampus.

2. Smartphone

Perlengkapan wajib mahasiswa yang lainnya adalah smartphone. Smartphone penting dimiliki oleh tiap mahasiswa untuk memudahkan berkomunikasi dan bertukar informasi, baik dengan mahasiswa lainnya atau dengan dosen.

3. Penyimpan data eksternal

Benda yang wajib dimiliki mahasiswa salah satunya adalah penyimpan data eksternal. Tujuannya agar bisa menyimpan data-data seperti tugas kuliah, materi kuliah, e-book, laporan, dan lainnya. Tujuan lainnya adalah agar bisa menyimpan salinan data untuk cadangan. Misalnya ketika skripsi laptop kalian rusak atau data dalam laptop terhapus. Kalian masih memiliki salinan data skripsi di penyimpanan eksternal. Selain itu penyimpanan eksternal juga berguna jika kalian ingin menyalin data tugas atau materi dari laptop teman atau dosen. Contoh penyimpanan data eksternal yang bisa kalian miliki adalah flashdisk, memory card, dan hardisk eksternal.

4. Folder

Perlengkapan wajib lainnya yang harus dimiliki mahasiswa adalah folder. Folder yang dimaksud bukan folder yang ada di laptop. Melainkan folder berupa map plastik yang muat untuk menyimpan beberapa kertas. Folder sangat berguna sekali bagi mahasiswa untuk menyimpan kertas-kertas penting. Selain itu, folder ini melindungi kertas agar tidak kusut dan basah.

5. Binder atau notes

Banyak mahasiswa yang ketika kuliah sudah tidak menggunakan buku untuk menulis. Kebanyakan mereka menggunakan binder atau notes. Alasannya karena lebih praktis untuk dibawa. Semua mata kuliah ditulis dalam satu binder dimana didalamnya diberi pembatas untuk memisahkan materi yang ditulis tiap mata kuliah. Jadi tidak perlu menggunakan buku yang berbeda-beda seperti ketika masa SMA. Selain itu, jika kertas yang digunakan sudah habis, kita tidak perlu membeli binder baru. Cukup hanya mengisi ulang kertasnya saja.