Interview ketika melamar pekerjaan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Interview atau yang biasa disebut wawancara merupakan salah satu penilaian suatu perusahaan terhadap calon karyawan atau pegawai yang melamar. Sehingga, Anda perlu memberikan kesan yang mengesankan dan memuaskan. Sebab, pada tahap ini, Anda akan mendapatkan penilaian berdasarkan penampilan, perilaku, dan sikap Anda. Tidak semua orang bisa melewati tahap ini dengan mulus.
Pada intinya, interview kerja ialah tahap dimana Anda diminta untuk menjelaskan kemampuan, pengalaman, dan kelebihan Anda. Anda dituntut untuk dapat mengontrol kecemasan dan kegugupan Anda supaya bisa dengan tenang dalam menjelaskan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh interviewer. Sebelum datang interview, Anda harus menyiapkan 5 hal. Hal ini bertujuan untuk mematangkan kesiapan Anda, selain menyiapkan mental dan emosi Anda. Berikut 5 hal yang harus Anda siapkan sebelum melakukan interview kerja.

1. Persiapkan Dokumen yang Relevan

Ketika Anda hendak melakukan interview, pastikan Anda membawa beberapa dokumen yang relevan. Dokumen yang disiapkan biasanya sudah tertera di persyaratan rekrutmen, seperti CV, portofolio, sertifikat keahlian, dan berkas lainnya. Interview bisa diartikan sebagai penentu atas diterima atau tidaknya Anda. Sehingga Anda perlu mempersiapkan CV dan berkas Anda dengan baik dan bisa mengesankan pewawancara. Cv yang Anda siapkan harus dibuat semenarik dan seinformatif mungkin. Apalagi jika Anda melamar di perusahaan bidang industri kreatif. Ibaratnya, CV merupakan first impression atas Anda. Pentingnya portofolio dan sertifikat keahlian ialah sebagai berkas pendukung yang bisa membantu meyakinkan pewawancara dalam proses seleksi. Terlebih dapat menjadi nilai tambah bagi Anda karena dirasa telah memiliki pengalaman terkait sesuai posisi yang dilamar.

2. Lakukan Riset terhadap Perusahaan

Sebelum melakukan interview, sebaiknya Anda telah melakukan riset terhadap perusahaan tersebut. Hal ini berkaitan dengan pertanyaan yang mungkin saja diajukan oleh pewawancara seputar perusahaan yang Anda lamar. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui informasi dasar atas perusahaan tersebut. Terutama mengenai osisi yang sedang Anda lamar. Anda harus memahami deskripsi pekerjaan yang ditawarkan. Hal ini menjadi penting karena dengan begitu maka pewawancara bisa menilai keseriusan Anda dalam melamar. Anda tidak akan dianggap aji mumpung atau hanya sekedar coba-coba berhadiah. Anda harus menunjukkan kegigihan dan keseriusan Anda dimulai dari tahap interview ini.

3. Siapkan Jawaban dan Pertanyaan

Hal ini merupakan hal dasar yang pasti akan terpikir bagi siapapun yang hendak melakukan interview. Pikirkan jawaban atas pertanyaan dasar yang paling sering ditanyakan seperti, profil, pengalaman, alasan melamar, kemampuan, kelebihan, kekurangan Anda serta solusinya. Hal ini dimaksudkan supaya Anda tidak terlalu lama menghabiskan waktu ketika interview dimulai. Terlebih, pewawancara bisa menilai kesiapan Anda. Selain itu, terkadang pewawancara akan menanyakan masa depan Anda dalam jangka beberapa waktu ke depan. Persiapkan jawaban yang mengesankan karena tujuan adanya pertanyaan ini adalah menggali dan mencari tahu kontribusi yang bisa Anda berikan pada perusahaan. Selain itu, Anda juga perlu menanyakan beberapa hal supaya tidak terkesan komunikasi satu arah. Anda bisa menanyakan hal hal mendasar seperti jam kerja, hari libur, atau mengenai deskripsi pekerjaan yang mungkin belum Anda pahami.

4. Usahakan Berpenampilan Menarik

Kepribadian Anda dapat dinilai melalui penampilan Anda. Berpenampilan menarik bukan berarti mencolok, melainkan rapi dan sopan. Sesuaikan dengan perusahaan yang Anda lamar. Dengan begitu, maka Anda bisa menentukan akan berpakaian casual atau formal. Sebab, penampilan ialah hal pertama yang akan disoroti oleh pewawancara. Meski penampilan bukanlah penentu, tapi penampilan Anda mempengaruhi penilaian pewawancara. Jangan lupa untuk bersikap ramah dan selalu tersenyum untuk memberikan nuansa positif.

5. Usahakan Datang Tepat Waktu

Hal ini merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Datang tepat waktu merupakan hal wajib untuk menunjukkan kedisiplinan Anda. Tentunya akan berpengaruh secara signifikan terhadap penilaian. Sebaiknya Anda datang 15-20 menit sebelum jadwal interview Anda. Selain menunjukkan kedisiplinan, Anda akan mendapatkan keuntungan hanya dengan datang tepat waktu atau sebelum jadwal interview Anda. Salah satunya ialah Anda bisa survey lokasi terlebih dahulu atau mencari ruangan yang akan Anda tempati nantinya. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu membuang waktu percuma.
Lima hal di atas perlu dengan hati-hati diperhatikan. Jangan tidur larut malam supaya tidak bangun kesiangan. Pasang alarm sebagai pengingat Anda. Anda harus terlihat fresh ketika menghadiri interview kerja. Hal selanjutnya yang harus dilakukan sebelum melakukan interview yakni berdoa supaya dapat dilancarkan dan dimudahkan. Setelah melakukan interview, Anda bisa menunggu pengumuman lebih lanjut dari pihak terkait. Semoga bermanfaat dan sukses selalu!